Belajar Pemograman : Pengenalan Pemograman bagian ke satu


BELAJAR PEMOGRAMAN : PENGENALAN PEMOGRAMAN KOMPUTER


1.         Tujuan

            Bagian ini akan membahas dasar – dasar komponen dari komputer meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Kami juga akan menyertakan gambaran global tentang bahasa pemrograman dan sirkulasi pemrograman. Akan dibahas pula pada akhir pembahasan ini mengenai sistem dan konversi numerik. Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :


  Mengidentifikasi perbedaan komponen pada komputer
  Mengetahui tentang bahasa pemrograman komputer dan kategorinya
  Mengetahui alur kerja pembuatan program dan mengaplikasikannya

2.         Pendahuluan

            Sebelum mengenal pemograman, alankah baiknya kita mengetahui apa itu komputer dulu, karena pemograman ada karena adanya komputer, tak ada asap kalu tak ada api :D…
maka dari itu biar tidak disebut sebagai kacang lupa kulitnya, mari kita ketahui dulu dasar dari komputer itu sendiri…

            ok tanpa bertele-tele kita langsung ke TKP… :D

            Pengertian Komputer

            Mulai dari pengertian, komputer berasal dari bahasa latin computare yang artinya menghitung dalam bahasa inggris disebut compute. Definisi komputer itu sendiri adalah Sekumpulan perangkat elektronik yang saling bekerjasama sehingga dapat menerima (input), mengolah (proses), dan menghasilkan (output) data dan informasi serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memori.

            Dari pengertian diatas, dapat kita simpulkan proses kerj komputer terdiri dari input → proses → output. Cara kerja komputer dapat dilihat pada gambar di bawah ini yang sering disebut dengan SKEMA IO KOMPUTER. (penbahasan tentang skema io tidak di bahsa disisni.. :D)



            Komponen – Komponen Dasar Komputer

            Sekarang Kita Masuk Pada Komponen Dasar Komputer atau bisa dibilang alat-alat yang membentuk sebuah unit komputer. Apa saja silahkan lanjutkan belajarnya dengan raji… :D

            Komponen Pembentuk komputer dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu hardware dan software atau aplikasi. Hardware adalah perangkat keras komputer bisa dibilang bentuk fisik dari komputer itu, sedangkan software adalah program – program komputer yang dapat menjalankan tugas tugas sesuai yang dikehendaki. Sofware inilah yang memerintahkan kepada hardware untuk mengerjakan sesuuatu sesuai keinginan...(dalam pmbahasan ini dijelaskan secara umum tentang komponen – komponen komputer )

            Hardware

            Beberapa komponen – komponen hardware antara lain :

1.      Central Processing Unit (CPU)
Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 10 6 Hz), = 0,286 x 10 -8 detik.

2.      Memori
Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu :

Primary Memory berfungsi untuk penyimpanan utama. Bekerja untuk menyimpan program – program yang sedang berjalan berisfat semetara (jadi aritnya saat komputer dimatikan informasi yang disimpan akan hilang) dan cara kerjanya yang sangat cepat. Memori ini sering disebut sebagai RAM ( Random acsess Memory)

Secondary Memory berfungsi untuk penyimapanan data secara permanen (jadi saat komputer dimatikan data dan informasi tidak akan hilang) Contoh : hardisk cd rom, flasdisk dan lain lain

3.      Input Dan Output Device
Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :

Input Device (Piranti Masukan)
Berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan : Keyboard, Mouse, Touch screen, Scanner, Camera.

Output Device (Piranti Keluaran)
Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti keluaran : Monitor, Printer, Speaker, Plotter.


            Software

            Nah seperti halnya hradware, Software pun dibagi kedalam beberapa kelompok yaitu :

Sitem operasi  (Operating syster) biasadisebut SO, berfungsi sebagai mengaktifkan seluruh komponen komputer sehingga dapa saling berkomunikasi. SO ini bisa dibilang induk dari software itu sendiri, karena tanpa sistem oprasi komputer tidak akan berjalan. Contohnya WINDOW, LINUX, UNIX, DOS, NOVELL, OS/2,  IOS.

Program Utility. Program ini berfungsi sebagai pembantu atau mengisi kelemahan/kekurangan dari OS. Contoh Northon, ASC, scandisk.

Program Alikasi Program yang berfungsi untuk mengerjakan suatu tugas tertentu, seperti pengolah angka, mengolah kata, desain grafis dan sebagainya. Contoh MS Office, Corel Draw, Photoshop, Payroll, MYOB dan sebagainya.

Compiler Compiler berfungsi untuk menterjemahkan bahasa agar dapat dimengerti oleh mesin. Pada dasarnya Mesin/komputer hanya mengerti bahasa mesin yaitu bilangan 1 dan 0 atau disebut dengan bilangan biner. oleh karena itu kita harus menterjemahkan bahasa agar dapat dipahami komputer. Supaya dapat berinteraksi dengan komputer. ( Masalah bilangan biner tidak dibahas disisnni :D).

Ok Untuk sekarang sampai disini dulu. kita bisa lanjutkan ke pengenalan bagian 2.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH DEFORESTASI (PENGGUNDULAN) HUTAN

MAKALAH FI'IL MUDHARI

MAKALAH MEDIA/METODE DAN ALAT PENDIDIKAN ISLAM