MAKALAH ISLAM DAN KEBUDAYAAN INDONESIA

MAKALAH ISLAM DAN KEBUDAYAAN INDONESIA




BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Pada umumnya Islam, peradaban Islam di dunia telah memberikan pengaruh besar bagi perkembangan suatu negara, begitupun Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Sejak zaman pra sejarah penduduk kepulauan Indonesia di kenal sebagai pelayar-pelayar yang sanggup mengarungi lautan lepas. Sejak awal abad masehi sudah ada rute-rute pelayaran dan perdagangan antara kepulauan Indonesia dengan berbagai daerah di Asia Tenggara. Pelabuhan penting di Sumatera dan Jawa antara abad ke-1 – ke-7 M  sering di singgahi pedagang Asing. Pedagang-pedagang muslim dari Arab, Persia dan India juga ada sampai ke kepulauan Indonesia untuk berdagang pada abad ke-7 ketika Islam pertama kali berkembang di Timur Tengah.
Malaka merupakan pusat lalu - lintas perdagangan dan pelayaran karena hasil hutang dan rempah-rempah dari seluruh pelosok nusantara di bawah di Cina dan India. Dari berita Cina dapat diketahui bahwa pada masa dinasti tang orang-orang sudah ada di kantong dan Sumatra. Perkembangan pelayaran dan perdagangan antara Asia bagian barat dan timur disebabkan  oleh kerajaan Islam di bawah Bani Umayyah dan kerajaan Cina zaman di nasti Tang.
Penduduk kepulauan Indonesia masuk Islam bermula dari penduduk pribumi di koloni pedagang muslim itu. Menjelang abad ke-13, masyarakat muslim sudah ada di samudra Pasai, Perlak, Palembang di Sumatra. Di Jawa makan Fatimah binti Maimun di Leran Gresik 475 H, sampai berdirinya kerajaan-kerajaan Islam.

B.       RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH

1.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah makalah ini yaitu membahas bagaimana sejarah masuknya Islam di Indonesia, Bagaimana hubungan islam dan kebudayaan indonesia, dan kapan wujud akulturasi kebudayaan Indonesia?
2.      Batasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka makalah ini akan membahas tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia, perjuangan kemerdekaan umat Islam, dan wujud akulturasi kebudayaan Indonesia.

Untuk yang lengkapnya bisa di download pada link di bawah :




Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH DEFORESTASI (PENGGUNDULAN) HUTAN

MAKALAH FI'IL MUDHARI

MAKALAH MEDIA/METODE DAN ALAT PENDIDIKAN ISLAM